Blog

Apa bedanya NGINX dengan Apache?

 

Apa bedanya NGINX dengan Apache?

Server     3 weeks ago


Di level pengguna, tidak ada perbedaan signifikan yang dirasakan saat membuka situs secara umum antara keduanya. Namun di level devops, ada cukup banyak perbedaan yang mempengaruhi kualitas, kemudahan, ataupun fleksibilitas penggunaan dari NGINX atau pun Apache.

Beberapa keunggulan Apache:

  • Dukungan atas implementasi sistem sebagai merged module, merge module menyajikan kemudahan yang cukup signifikan utamanya bagi pemrogram PHP karena integritas sistem yang membuat nyaman programmer saat mempublikasikan situs mereka karena dengan fitur ini, bahasa sekrip PHP seolah olah terasa menyatu dengan peladen web.
  • Keberadaan dokumentasi dalam hal konfigurasi atau pun keamanan peladen yang lebih banyak dan lebih mudah didapatkan.
  • Lebih familiar bagi kebanyakan implementator sebagai bagian dalam proses deployment sistem.

Sementara NGINX di sisi lain menawarkan:

  • Kemampuan load balancing yang sangat fleksibel membuatnya sangat terkenal digunakan pada situs situs yang memiliki jumlah askes pengguna yang besar karena memungkinkan konfigurasi implementasi terhadap penyatuan beberapa peladen web untuk menyediakan layanan dalam satu kesatuan secara mudah.
  • Tipikal peladen yang banyak disarankan sebagai standar oleh bahasa bahasa pemrograman selain PHP seperti python, dot net core, node.js, dan lainnya.

CARI ARTIKEL
Card image cap
AUTHOR: Wisnu

"Client-facing" person. His goal - help clients/projects succeed and always coding.


Lihat Project Kami | Bertemu Tim Kami

Tertarik berkerja dengan kami? Email disini:
wisnu@tipa.co.id

Artikel lainnya