IT Learning, Consulting and Developing

Mengenal Redis, Struktur Data yang Disimpan di Memory

gambar

Awalnya bingung Redis itu apa, soalnya banyak sekali sekarang aplikasi yang dituntut menggunakan Redis. Mahluk apa sebenarnya si Redis ini???

Setelah muter-muter di dunia maya, akhirnya nemu juga apa itu Redis dan bagaimana cara bekerjanya. Redis bisa di peroleh dengan mudah dan gratis di web resmi mereka https://redis.io. Di website mereka juga tersedia dokumentasi yang cukup lengkap.

Redis adalah struktur data yang digunakan sebagai database, cache dan penghubung pesan. Redis mendukung berbagai type seperti string, hash, list, set, sorted set dengan range query, bitmaps, hyperlologs dan index geospasial.

Kalau RDBMS dan NoSQL pada umumnya menyimpan datanya di hardisk, Redis menyimpannya di dalam memory. Lalu apa keuntungannya?

Keuntungannya adalah, data akan jauh lebih cepat untuk diakses dibandingkan dengan penyimpanan data di hardisk. Tetapi juga harus di siapkan memory yang cukup untuk hal tersebut. Dan kelemahan menyimpan data di memory jika listrik pada server tiba-tiba mati maka data akan hilang. Tetapi permasalahan ini bisa di siasati dengan collect data saat server kembali nyala.