IT Learning, Consulting and Developing

Mengenal SSL Untuk Keamanan Sebuah Website

gambar

Secure Socket Layer(SSL) adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit.

Sebagai seorang developer, saya mendengar istilah SSL pertama kali sekitar 4 tahun yang lalu. Penggunaan protokol https pertama saya dengar dan saya cukup bingung dengan hal tersebut. "Mengapa harus mengerti SSL? Apa manfaat dari SSL? Bagaimana cara mendapatkan SSL?". Itulah pertanyaan pada saat pertama saya mendengar istilah tersebut.

Ternyata SSL adalah tulang punggung (Backbone) dari keamanan kita di Internet dan juga melindungi setiap informasi sensitif Anda sepanjang trafik data di Internet. Ini akan menjaga internet dari serangan kriminal dan memberi banyak manfaat langsung kepada Anda dan pelanggan Anda.

Apa Manfaat dari SSL?

Mengapa menggunakan SSL ? Untuk meng-enkripsi informasi sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet  dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan.

Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Otentikasi (Authentication)

Selain juga enkripsi, sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Ini artinya Anda dapat lebih pasti dalam mengirimkan informasi ke server yang benar-benar valid dan bukan malah ke kriminal server.

Mengapa ini begitu sangat penting? Sifat dasar dari internet artinya bahwa pelanggan Anda akan lebih sering dalam mengirimkan informasi yang melewati beberapa jumlah komputer. Setiap dari komputer ini bisa berpura-pura menjadi website Anda dan mengelabui pengguna Anda untuk mengirimkan informasi mereka ke komputer tersebut. Hal ini hanya dapat dihindari dengan menggunakan Public Key Infrastructure (PKI), dan mendapatkan sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya.

Produk website Tipamedia siap membantu untuk menaktifkan SSL dengan biaya cuma-cuma alias GRATIS. Hal tersebut dapat Anda dapatkan saat menggunakan produk dari Tipamedia.

sumber: google, warungssl.com