Tidak Ada Apple Sidecar? 3 Aplikasi Menggunakan iPad Untuk Monitor

Tipa.co.id

Tipa.co.id | Aplikasi untuk Menggunakan iPad khusus untuk kamu yang tidak ada apple sidecar sebagai monitor kedua

Sidecar di macOS memungkinkan Anda menggunakan iPad sebagai layar kedua, tetapi hanya kompatibel dengan beberapa Mac dan iPad tertentu.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu jika Anda menggunakan perangkat Apple atau PC Windows yang lebih lama.

Menggunakan Fitur Sidecar

Menggunakan Fitur Sidecar

Anda dapat menggunakan Fitur Sidecar Apple untuk mengubah iPad Anda menjadi layar kedua untuk Mac. Namun, sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk beberapa model Mac dan iPad tertentu.

Jika Anda memiliki perangkat lama atau menggunakan PC Windows, Anda mungkin merasa kecewa.

Namun, jangan khawatir! Ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Meskipun Anda perlu membayar untuk aplikasi tersebut, tetapi setidaknya Anda masih dapat menikmati pengalaman menggunakan iPad sebagai layar kedua untuk Mac Anda.

1. Free Sidecar, SidecarPatcher: Untuk Perangkat Lama

Secara bawaan, Apple menghalangi Sidecar di Mac yang menjalankan perangkat apa pun yang lebih lama dari macOS Catalina dan model iPad yang tidak mendukung Apple Pencil.

Anda dapat membatalkan pemblokiran tersebut dengan menggunakan Free Sidecar dan SidecarPatcher, yang akan mengedit file yang diperlukan di Perpustakaan Sistem Anda. Anda dapat mengunduh salah satunya dari halaman GitHub mereka dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Proses ini sedikit lebih rumit daripada hanya menggunakan Sidecar pada perangkat yang didukung, tetapi setelah diatur, iPad Anda seharusnya dapat terhubung ke Mac Anda.

Baca Juga :   Cara Melihat Konten Sensitif di Telegram

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah konektivitas nirkabel yang dilaporkan tidak stabil pada alat ini. Pastikan Bluetooth, Wi-Fi, dan Handoff diaktifkan, serta kedua perangkat menggunakan ID Apple yang sama. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin ingin mencoba menghubungkan perangkat Anda melalui USB.

2. Splashtop Wired XDisplay: Opsi Lintas Platform yang Murah

Jika Mac atau iPad Anda tidak mendukung Sidecar, atau jika Anda pengguna Windows dan Android, ada aplikasi pihak ketiga yang dapat mengubah tablet Anda menjadi monitor kedua, yaitu Splashtop Wired XDisplay. Meskipun tidak sehalus yang pernah saya gunakan, aplikasi ini cukup baik dan tidak memerlukan biaya yang banyak.

Splashtop Wired XDisplay terdiri dari dua komponen: Agen desktop yang berjalan di latar belakang PC atau Mac Anda, dan aplikasi untuk iOS, iPadOS, atau Android yang berjalan di perangkat seluler Anda. Aplikasi iPad tersedia secara gratis, sedangkan aplikasi Android dapat dibeli seharga $7. Namun, terdapat juga versi uji coba gratis yang dapat digunakan selama 10 menit setiap kali.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu menginstal aplikasi desktop dan aplikasi seluler di perangkat yang ingin Anda gunakan bersama. Setelah aplikasi desktop berjalan, hubungkan tablet Anda ke komputer menggunakan kabel USB, lalu buka aplikasi XDisplay di tablet Anda. Aplikasi ini akan terhubung ke komputer Anda, dan tampilan desktop akan muncul di perangkat seluler Anda.

Anda dapat mengatur ulang monitor Anda melalui pengaturan Tampilan komputer, menyeret jendela ke tablet Anda, dan menggunakan tablet sebagai monitor kedua untuk meningkatkan produktivitas. Saya sarankan Anda menggunakan dudukan untuk menopang tablet Anda. Jika Anda menggunakan tablet dengan laptop, dudukan sederhana sudah cukup, namun jika Anda menggunakan desktop, sebaiknya gunakan dudukan yang lebih dapat disesuaikan.

Baca Juga :   Cara Mengganti Nama Banyak File Sekaligus di Windows

Splashtop Wired XDisplay berfungsi dengan baik, setidaknya menurut pengalaman saya menggunakan iPad dan PC Windows. Terdapat sedikit latensi yang terlihat, dan saya mengalami masalah saat terjebak dalam Mode Cermin di salah satu komputer saya. Namun, dengan harga gratis, aplikasi ini layak untuk dicoba. Jika Anda ingin membayar, ada opsi yang lebih baik dengan harga yang lebih tinggi.

3. Duet Display : Alternatif yang Lebih Baik dan Lebih Mahal

Jika Anda ingin pengalaman yang lebih lancar, Duet Display adalah aplikasi terbaik yang pernah saya coba untuk mengubah iPad menjadi monitor kedua.

Sama seperti Splashtop, aplikasi ini memiliki versi untuk tablet Anda yang terhubung dengan aplikasi pendamping di komputer Anda.

Anda dapat mencoba layanan ini selama 10 menit setiap kali, namun untuk penggunaan yang lebih lama (atau fitur tambahan seperti koneksi nirkabel), Anda perlu berlangganan paket dengan harga yang berbeda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags