Mengenal Laravel dan Keunggulannya Dalam Pengembangan Aplikasi Website

Laravel

Membuat sebuah aplikasi website tidak begitu sulit apabila Anda menggunakan tool yang tepat. Laravel merupakan salah satu framework PHP yang memiliki keunggulan itu. Tidak heran jika Laravel telah membangun lebih dari satu juta website.

Bahkan, Laravel yang mengklaim dirinya sebagai “The PHP Framework for Web Artisans” ini menjadi salah satu framewok sangat baik pada 2015 lalu.

Agar lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai pengertian dan fungsi Laravel ini.

Mengenal Laravel Lebih Dekat

Laravel merupakan framewok PHP terbaik yang dikembangkan oleh Taylor Otwell. Pada 2011. 

Otwell membuat Laravel untuk pengembangan aplikasi website yang mengikuti arsitektur MVC (model view controller).Pendekatan MVC ini memisahkan aplikasi berdasarkan komponen-komponen aplikasi.

  1. Model, mewakili struktur data. Umumnya model berisi fungsi yang membantu dalam pengelolaan basis data. 
  2. View, bagian yang mengatur tampilan website agar menarik saat dilihat oleh pengguna.
  3. Controller, bagian yang menjembatani model dan view. Controller akan menerima input dari view, mengolah komputasi dan data, kemudian memberi tanggapan yang diperintahkan oleh view.

Tujuan dari framework ini adalah agar pengembangan website dapat dinikmati dan penuh kreatifitas. Tidak heran jika Laravel mempermudah tugas-tugas dalam mengembangkan website, seperti sessions, authentication, routing, hingga chacing.

Dengan kemudahan itu, hebatnya Laravel termasuk platform website development yang bersifat open source, alias gratis. Jadi, Anda dapat membuat website secara lebih mudah.

Mengapa Harus Laravel?

Ada banyak keunggulan dari framework berbahasa pemograman PHP ini. Selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui. 

1. Open Source

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa framework satu ini dapat didownload secara gratis, memungkinkan Anda membuat aplikasi website yang besar secara lebih mudah. Walau gratis, bukan berarti platform ini tidak berkualitas ya!

2. Mudah dikembangkan

Apabila Anda bukan seorang expert dalam mengembangkan website, Laravel cocok untuk. Tentu Anda harus memahami basic PHP yang baik terlebih dahulu.

Struktur dalam Laravel sangat mudah dipahami, sebab, dokumentasi yang disediakan tergolong sangat baik, rapi, dan jelas.

3. Template Layout Ringan

Laravel menyediakan template layout ringan. Tidak hanya itu, developer juga dapat menambahkan sendiri template sesuai keinginan dan cukup powerful.

Layout tambahan ini dapat digunakan dengan menambahkan berbagai macam gambar, CSS, serta teks dengan struktur kode yang lengkap.

4. Memiliki Banyak Library Object Oriented

Banyak library object oriented di dalam Lavarel, termasuk library yang tidak ada di dalam framework PHP populer lainnya. 

Satu library yang paling penting adalah library otentikasi, yang fungsinya untuk menyediakan fitur otentifikasi canggih. Tidak hanya itu, library otentifikasi pada Laravel juga menyediakan Bcrypt hashing yang merupakan fitur tercanggih di bidang otentifikasi.

5. Tersedia Tool Artisan

Untuk memudahkan developer dalam berinteraksi antara Laravel dengan framework lainnya, Anda dapat menggunakan command line. Ini berguna untuk membuat dan menangani environment di proyek Laravel.

Tool command line ini termasuk ke dalam tool Artisan. Fungsi utama dari Artisan adalah melakukan tugas repetisi dan memproses pemrograman yang kompleks.

Dengan bantuan Artisan, developer dapat membuat dan melakukan migrasi database secara mudah. Pengelolaan database juga dapat dilakukan selama proses migrasi.

6. Blade Template

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Laravel memudahkan developer dalam mengembangkan website-nya. Framework ini menggunakan .blade.php yang fungsinya untuk mempermudah Anda dalam melakukan kosing pada HTML.

Nah, setelah tahu Laravel dan apa saja keunggulannya, tentu akan semakin membuat Anda yakin dalam menggunakan framework PHP satu ini untuk membantu pengembangan website maupun aplikasi website yang keren, bukan? 

Anda dapat belajar membuatnya dengan mengikuti langkah tutorial Laravel dari awal secara mudah.


Artikel Terkait

;