Apakah Bahasa C/C++ Merupakan Induk dari Semua Bahasa Pemograman Saat ini?

Pemrogramman

Waw, saya tertarik membaca pertanyaan ini. ini pertanyaan yang simple tapi susah-susah gampang di jawab.

Kalau menurut saya sendiri jawabnya adalah iya dan tidak.

Iya karena bahasa C dan c++ memang adalah bahasa pondasi dari beberapa bahasa pemrograman penting yang muncul kemudian. Karena itu sekarang kita bisa melihat banyak bahasa c-style seperti java, c#, objective-c, javascript, php dan lain2.

Tapiiii bahasa c bukan bahasa pemrograman pertama dan juga bukan bahasa tingkat tinggi pertama di dunia. Lalu siapa? Ingat, pada awal perkembangan komputer, programmernya memakai bahasa mesin (pakai digit 0 dan 1). Evolusi berikutnya, di tahun 1950an awal muncul bahasa ASSEMBLY. Tapi bahasa assembly BUKAN bahasa tingkat tinggi. Bahasa assembly adalah bahasa low level.

Baru beberapa tahun berikutnya muncul bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama di dunia yaitu : FORTRAN (formula translator). Dan sekedar info saja, bahasa ini masih dipakai sampai hari ini. Tahun lalu saya masih di tawarin custom/edit program fortran di lab penelitian, tapi tidak berani saya ambil karena saya tidak kuasai fortran. Fortran masih di pakai untuk kalangan terbatas, dan tidak berkembang lagi.

Setelah kemunculan bahasa fortran, beberapa tahun kemudian muncul banyak bahasa tingkat tinggi berikutnya: LISP, COBOL, Algor, BASIC, APL, CPL, bahasa B, dan pascal. Dan kalau anda melihat bahasa B, dan bertanya2 apa hubungan itu dengan bahasa c. Iya benar, bahasa b adalah predecessor dari bahasa c. Dengan kata lain bahasa c berkembang dari bahasa b. Bahasa b sendiri berkembang dari bahasa sebelum2nya (apl, cpl, dst).

Jadi dari data itu sudah sulit buat kita menentukan, bahasa mana yang paling dasar. Karena dari perkembangannya, banyak bahasa komputer saling mempengaruhi dan di pengaruhi.

Ini menurut saya sendiri. Bahasa c adalah bahasa yang sangat penting, bahkan yang paling penting. Karena bahasa c adalah dasar dari seluruh bahasa pemrograman modern yang muncul setelahnya. Penulisan syntax dan bahasa C-style sangat tidak tergantikan, powerfull, tidak kuno bahkan sampai hari inipun. Memang sekarang ada banyak bahasa yang katanya sedang naik daun seperti phyton yang simpel dan mudah di pelajari, atau bahasa2 functional language seperti haskell atau erlang. Itu bahasa2 yang bagus kok. Tapi kita tetap perlu kuasai bahasa pemrograman c-style kalau ingin serius berkarir di dunia IT.

ref: quora


Artikel Terkait

;